PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MOTIVASI, SELF-EFFICACY DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Main Article Content
Abstract
This Study aims to determine the influence of family environment, motivation, self-efficacy, and the use of Instagram social media on the entrepreneurial interest of student. This research employs a quantitative method with primary data obtained from the distribution of 100 questionnaries using purposive sampling. The collected data were analyzed using multiple linear regression analysis. The result of the study found that self-efficacy does not have a significant positive effect on student entrepreneurial interest, meaning that the presence of confidence does not necessarily encourage interest in entrepreneurship. In contrast, the family environment, motivation, and the use of Instagram social media have a significant positive effect on entrepreneurial interest.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal SOLUSI memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel Jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
References
Anand, F., & Meftahudin, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pendidikan
Kewirausahaan, Efikasi Diri Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Journal of
Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 88–97.
https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1461
Andriana, N. (2020). Kepatuhan Bendahara Desa Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan
Dalam Prespektif Teori Planned Behavior. JURNAL PAJAK INDONESIA (Indonesian Tax
Review), 3(2), 20–28. https://doi.org/10.31092/jpi.v3i2.737
Budi gautama Siregar, & Aswadi Lubis. (2022). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan
Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi
(JENSI), 6(2), 78–91. https://doi.org/10.33059/jensi.v6i2.6079
Chandra, M. P., Lubis, M. A., Studi, P., & Jambi, U. (2023). 1 , 2 , 3. 6(2), 109–119.
Ekonomi, F., & Kudus, U. M. (2014). arikristanto,+Journal+manager,+Artikel+7. XVII(1),
–154.
Fairuz Mahdiyyah, K., & Tjipto Subroto, W. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media dan
Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi.
SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(2), 175–188.
https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i2.189
Ferdyansyah, A., Rohaeti, E. E., & Suherman, M. M. (2020). Gambaran Self Efficacy Siswa
Terhadap Pembelajaran. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(1), 16.
https://doi.org/10.22460/fokus.v3i1.4214
Julindrastuti, D., & Karyadi, I. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Keluarga Terhadap
Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 7–20.
https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.98
Ketaren, B. A., & Wijayanto, P. (2021). Pengaruh Kemandirian Dan Self Efficacy Terhadap
Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Feb Uksw. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan
Kewirausahaan, 4(March), 763–773. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p67-78
Maullah, S., & Rofiuddin, M. (2021). Mengukur minat berwirausaha dengan menggunakan
pendekatan theory of planned behavior dan religiusitas. Journal of Management and Digital
Business, 1(2), 105–121. https://doi.org/10.53088/jmdb.v1i2.49
NAIBORHU, I. K., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Marketplace,
Kecerdasan Adversitas Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unesa
Melalui Efikasi Diri. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 107–124.
https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p107-124
Priyani Ani, Maryam siti, B. (2020). Edunomika – Vol. 04, No. 02, Tahun 2020. Edunomika,
(02), 357–368.
Putri, I., Dendi, Syukerti, N., Mulyadi, A. I., & Maulana, I. (2022). Media Sosial Sebagai Media
Pergeseran Interaksi Sosial Remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, 2(2), 1–10.
https://jurnal.uss.ac.id/index.php/jikoba/article/view/422
Rida Ayu Pratiwi, & Syaiful Syaiful. (2024). Pengaruh Independensi, Kompetensi Dan Tekanan
Waktu Terhadap Kualitas Audit. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 34–44.
https://doi.org/10.58192/profit.v3i2.1978
Romer, E. (2020). Pengaruh Harga Transfer dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Penghindaran
Pajak. Akuntansi, 2(1), 15–22. https://www.statistikian.com/2013/01/uji-f-dan-uji-t.html
Sa’adah, L., & Mahmud, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Instagram Dan Efikasi Diri Melalui
Motivasi Berwirausaha Terhadap Intensi Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal,
(1), 18–32.
Salamzadeh, Y., Sangosanya, T. A., Salamzadeh, A., & Braga, V. (2022). Entrepreneurial
universities and social capital: The moderating role of entrepreneurial intention in the Malaysian
context. International Journal of Management Education, 20(1), 470–484.
https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100609
Salmah, E., Fadliyanti, L., & Sriningsih, S. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial
Instagram Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas
Mataram. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 137–147. https://doi.org/10.29303/e-
jep.v3i2.44
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung
Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439.
https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3078–3086.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1423
Sintya, N. M. (2019). Pkspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan
Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas
Mahasaraswati Denpasarengaruh Motivasi, Efikasi Diri, E. Jurnal Sains, Akuntansi Dan
Manajemen, 1(1), 337–380.
Siregar, L. Y. S. (2020). Motivasi Sebagai Pengubahan Perilaku. Forum Paedagogik, 11(2), 81–Soraya, I. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta dalam
Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi, 6(1), 10–23.
Sumerta, I. K., Redianingsih, N. K., Pranawa, I. M. B., & Indahyani, D. N. T. (2020).
PENGARUH TINGKAT PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MOTIVASI TERHADAP
MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMAN
PERGURUAN TINGGI DI KOTA DENPASAR PENDAHULUAN Di era digitalisasi saat ini
mungkin apa pun bisa dikaitkan dengan internet . Konsumen j. Ekonomi Dan Bisnis Universitas
Udayana, 7, 627–652.
Suprayogi, M. N. (2010). Hubungan Persepsi Siswa Mengenai Iklim Kelas dengan Orientasi
Tujuan Siswa dengan Mengontrol Self-Efficacy (Penelitian pada Siswa SMP Madania Bogor).
Humaniora, 1(2), 263. https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2868
Suwarsa, T. (2021). Pengaruh Pajak Restoran Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah
Kota Padangsidempuan Periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi, 51(1), 1–15.
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif.
Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.
Tumanggor, D. R., Malau, A. R., & Damanik, H. M. (2023). Analisa Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa dikota Medan. Journal of Economics and
Business, 4(2), 13–22. https://doi.org/10.36655/jeb.v4i2.1090
Wardani, N. T., & Dewi, R. M. (2021). Pengaruh Motivasi, Kreativitas, Inovasi dan Modal Usaha
terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 93.