PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MOTIVASI, SELF-EFFICACY DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Main Article Content

indah Kurniawati
Yuke Dea Ayu Saputri

Abstract

This Study aims to determine the influence of family environment, motivation, self-efficacy, and the use of Instagram social media on the entrepreneurial interest of student. This research employs a quantitative method with primary data obtained from the distribution of 100 questionnaries using purposive sampling. The collected data were analyzed using multiple linear regression analysis. The result of the study found that self-efficacy does not have a significant positive effect on student entrepreneurial interest, meaning that the presence of confidence does not necessarily encourage interest in entrepreneurship. In contrast, the family environment, motivation, and the use of Instagram social media have a significant positive effect on entrepreneurial interest.

Article Details

Section
Articles

References

Anand, F., & Meftahudin, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pendidikan

Kewirausahaan, Efikasi Diri Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Journal of

Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 88–97.

https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1461

Andriana, N. (2020). Kepatuhan Bendahara Desa Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan

Dalam Prespektif Teori Planned Behavior. JURNAL PAJAK INDONESIA (Indonesian Tax

Review), 3(2), 20–28. https://doi.org/10.31092/jpi.v3i2.737

Budi gautama Siregar, & Aswadi Lubis. (2022). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan

Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi

(JENSI), 6(2), 78–91. https://doi.org/10.33059/jensi.v6i2.6079

Chandra, M. P., Lubis, M. A., Studi, P., & Jambi, U. (2023). 1 , 2 , 3. 6(2), 109–119.

Ekonomi, F., & Kudus, U. M. (2014). arikristanto,+Journal+manager,+Artikel+7. XVII(1),

–154.

Fairuz Mahdiyyah, K., & Tjipto Subroto, W. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media dan

Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi.

SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(2), 175–188.

https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i2.189

Ferdyansyah, A., Rohaeti, E. E., & Suherman, M. M. (2020). Gambaran Self Efficacy Siswa

Terhadap Pembelajaran. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(1), 16.

https://doi.org/10.22460/fokus.v3i1.4214

Julindrastuti, D., & Karyadi, I. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Keluarga Terhadap

Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 7–20.

https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.98

Ketaren, B. A., & Wijayanto, P. (2021). Pengaruh Kemandirian Dan Self Efficacy Terhadap

Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Feb Uksw. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan

Kewirausahaan, 4(March), 763–773. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p67-78

Maullah, S., & Rofiuddin, M. (2021). Mengukur minat berwirausaha dengan menggunakan

pendekatan theory of planned behavior dan religiusitas. Journal of Management and Digital

Business, 1(2), 105–121. https://doi.org/10.53088/jmdb.v1i2.49

NAIBORHU, I. K., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Marketplace,

Kecerdasan Adversitas Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unesa

Melalui Efikasi Diri. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 107–124.

https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p107-124

Priyani Ani, Maryam siti, B. (2020). Edunomika – Vol. 04, No. 02, Tahun 2020. Edunomika,

(02), 357–368.

Putri, I., Dendi, Syukerti, N., Mulyadi, A. I., & Maulana, I. (2022). Media Sosial Sebagai Media

Pergeseran Interaksi Sosial Remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, 2(2), 1–10.

https://jurnal.uss.ac.id/index.php/jikoba/article/view/422

Rida Ayu Pratiwi, & Syaiful Syaiful. (2024). Pengaruh Independensi, Kompetensi Dan Tekanan

Waktu Terhadap Kualitas Audit. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 34–44.

https://doi.org/10.58192/profit.v3i2.1978

Romer, E. (2020). Pengaruh Harga Transfer dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Penghindaran

Pajak. Akuntansi, 2(1), 15–22. https://www.statistikian.com/2013/01/uji-f-dan-uji-t.html

Sa’adah, L., & Mahmud, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Instagram Dan Efikasi Diri Melalui

Motivasi Berwirausaha Terhadap Intensi Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal,

(1), 18–32.

Salamzadeh, Y., Sangosanya, T. A., Salamzadeh, A., & Braga, V. (2022). Entrepreneurial

universities and social capital: The moderating role of entrepreneurial intention in the Malaysian

context. International Journal of Management Education, 20(1), 470–484.

https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100609

Salmah, E., Fadliyanti, L., & Sriningsih, S. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial

Instagram Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas

Mataram. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 137–147. https://doi.org/10.29303/e-

jep.v3i2.44

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung

Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439.

https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3078–3086.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1423

Sintya, N. M. (2019). Pkspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan

Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas

Mahasaraswati Denpasarengaruh Motivasi, Efikasi Diri, E. Jurnal Sains, Akuntansi Dan

Manajemen, 1(1), 337–380.

Siregar, L. Y. S. (2020). Motivasi Sebagai Pengubahan Perilaku. Forum Paedagogik, 11(2), 81–Soraya, I. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta dalam

Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi, 6(1), 10–23.

Sumerta, I. K., Redianingsih, N. K., Pranawa, I. M. B., & Indahyani, D. N. T. (2020).

PENGARUH TINGKAT PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MOTIVASI TERHADAP

MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMAN

PERGURUAN TINGGI DI KOTA DENPASAR PENDAHULUAN Di era digitalisasi saat ini

mungkin apa pun bisa dikaitkan dengan internet . Konsumen j. Ekonomi Dan Bisnis Universitas

Udayana, 7, 627–652.

Suprayogi, M. N. (2010). Hubungan Persepsi Siswa Mengenai Iklim Kelas dengan Orientasi

Tujuan Siswa dengan Mengontrol Self-Efficacy (Penelitian pada Siswa SMP Madania Bogor).

Humaniora, 1(2), 263. https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2868

Suwarsa, T. (2021). Pengaruh Pajak Restoran Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah

Kota Padangsidempuan Periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi, 51(1), 1–15.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif.

Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Tumanggor, D. R., Malau, A. R., & Damanik, H. M. (2023). Analisa Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa dikota Medan. Journal of Economics and

Business, 4(2), 13–22. https://doi.org/10.36655/jeb.v4i2.1090

Wardani, N. T., & Dewi, R. M. (2021). Pengaruh Motivasi, Kreativitas, Inovasi dan Modal Usaha

terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 93.

https://doi.org/10.26905/jmdk.v9i1.5806