PENGARUH FOOD VLOGGERS PADA NIAT BELI DI MEDIA SOSIAL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan pengaruh Food vloggers terhadap niat beli di media sosial (Youtube dan Instagram) yang diukur menggunakan indikator yaitu: kredibilitas, interaksi para-sosial (psi),sikap homophily, daya tarik fisik, daya tarik sosial, motif hiburan, motif membangun hubungan dan waktu yang dihabiskan pada media sosial. Variabel Niat Beli sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan 200 responden audiens yang pernah berkunjung dan menonton review food vloggers di media sosial (youtube dan instagram). Hasil pengujian hipotesis secara keseluruhan uji simultan membuktikan hipotesis kredibilitas dan interaksi parasosial berpengaruh signifikan terhadap niat beli dengan signifikansi 0,00<0,05. Selain itu, berdasarkan uji independent t-test, dapat diketahui bahwa Food Vloggers memiliki pengaruh positif terhadap Niat Beli di media sosial (youtube dan instagram) dengan tingkat signifikansi 0.00<0.05. Pada pengujian koefisien determinasi diketahui bahwa pengaruh food vloggers dengan indikator kredibilitas dan PSI terhadap niat beli memiliki pengaruh sebesar 51,1 % yang berarti tingkat variabel diluar penelitian ini lebih rendah pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal SOLUSI memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel Jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.