PENGARUH FOOD VLOGGERS PADA NIAT BELI DI MEDIA SOSIAL

Main Article Content

Erry Donneli -

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan pengaruh Food vloggers terhadap niat beli di media sosial (Youtube dan Instagram) yang diukur menggunakan  indikator yaitu: kredibilitas, interaksi para-sosial (psi),sikap homophily, daya tarik fisik, daya tarik sosial, motif hiburan, motif membangun hubungan dan waktu yang dihabiskan pada media sosial. Variabel Niat Beli sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan 200  responden audiens yang pernah berkunjung dan menonton review food vloggers di media sosial (youtube dan instagram). Hasil pengujian hipotesis secara keseluruhan uji simultan membuktikan hipotesis kredibilitas dan interaksi parasosial berpengaruh signifikan terhadap niat beli dengan signifikansi 0,00<0,05. Selain itu, berdasarkan uji independent t-test, dapat diketahui bahwa Food Vloggers memiliki pengaruh positif terhadap Niat Beli  di media sosial (youtube dan instagram) dengan tingkat signifikansi 0.00<0.05.  Pada pengujian koefisien determinasi diketahui bahwa pengaruh food vloggers dengan indikator kredibilitas dan PSI  terhadap niat beli memiliki pengaruh sebesar 51,1 %  yang berarti tingkat variabel diluar penelitian ini lebih rendah pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan.

Article Details

Section
Articles